Paling Banyak Dilihat

Teknik Belajar yang Baik dan Efektif Agar Cepat Menguasai Materi Pembelajaran

Posting Komentar
Teknik Belajar
cr: republika

Belajar itu sulit.

Mengapa sulit? Karena kita mempelajari hal-hal baru yang belum kita pernah pelajari sebelumnya, oleh karena itu belajar terasa sulit. Apalagi, jika ditambah dengan niat yang lemah dan tidak ada tekad sama sekali. Sudah sulit, gak niat pula.

Yasudah, pasti kalian tidak akan pernah paham.

Jadi, niat itu penting dalam melakukan segala sesuatu. Tapi, kalau hanya niat dan tidak dikerjakan sama saja bohong.

Belum lagi orang-orang saat ini inginnya serba cepat, padahal belajar untuk memahami sesuatu itu perlu waktu. Bisa jadi lama, bisa jadi cepat tergantung pribadi masing-masing dan faktor-faktor seperti kondisi, ambisi, dsb.

Namun sebenarnya, dalam belajar itu ada teknik-teknik yang membuat kalian bisa cepat memahami sesuatu materi/pembelajaran lho! Kok bisa?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas kita ke definisi "teknik" dulu yuk, menurut KBBI salah satu pengertian teknik adalah metode atau sistem mengerjakan sesuatu.

Berarti teknik belajar adalah metode atau sistem dalam belajar. Dengan metode yang baik dan sesuai dengan diri kalian maka materi pembelajaran-pun akan cepat kalian pahami dan kuasai.

Lalu sekarang pasti kalian bertanya tentang beberapa hal berikut.
  1. Metode/cara belajar apa yang baik dan benar?
  2. Metode/cara belajar yang seperti apa agar dapat cepat paham?
  3. Metode/cara belajar yang paling efektif?
  4. Tips-tips dalam belajar?

Teknik/Metode/Cara Belajar Yang Baik dan Efektif

Mungkin kalian sudah tahu, bahwa setiap orang dalam belajar memiliki caranya masing-masing ada yang sambil tiduran, ada yang sambil dengar musik, ada yang inginnya suasana sunyi, ada yang ingin bareng sama teman, ada yang harus sambil berjalan, dsb.

Nah, hal-hal itu ternyata sangat penting. Ketahuilah tipe orang seperti apa kamu ketika belajar. Cari keadaan yang membuat kalian lebih nyaman saat belajar. Seperti contoh diatas.

Misalkan, kalian tipe orang yang belajar sambil mendengar musik, ya lakukanlah belajar sambil mendengar musik. Atau kalian tipe orang yang harus diajar atau harus ada orang yang mengajarkan kalian, berarti kalian ketika dikelas harus benar-benar fokus dan maksimalkan. Kalau tidak bisa minta temanmu untuk menjelaskannya. Atau jika memang punya dana lebih atau izinkan orang tua ya ikutlah les.

Jadi, poin pertama adalah cari tahu kondisi seperti apa yang mendukungmu untuk belajar dengan baik dan memudahkanmu untuk fokus dan memahami materi.

Kedua, carilah media belajar yang paling tepat untukmu.

Contoh, kamu adalah seorang audio-visual jadi lebih masuk jika ada gambar atau menggunakan suara. Berarti kamu bisa mencari video pembelajaran di internet mengenai materi tersebut hal itu akan membantumu dalam memahami dan mengingat sebuah materi. Atau buatlah mind-mapping agar kalian lebih mudah mengingat atau bisa juga kalian belajar sambil berbicara.

Berbeda lagi jikaa kalian adalah tipe yang membaca. Berarti kalian harus membaca sebuah buku untuk memahami seusatu maka belilah buku yang sesuai.

Intinya adalah cari media yang tepat yang mendukungm dalam belajar.

Ketiga, pahami bukan menghafal.

Menurut pengalaman penulis, dengan paham materi terlebih dahulu akan membuat kalian lebih mudah untuk menghafal materi daripada menghafal dulu baru mencoba mengerti. Mungkin hal ini tidak berlaku untuk menghafalkan nama latin di Biologi atau tabel periodik di Kimia.

Keempat, jangan baca buku hanya sekali.

Bacalah buku materi setidaknya 4 kali jangan sekali karena dengan membaca setidaknya 4 kali kalian akan meningat materi itu lebih mudah.

Tapi, bukan berarti harus beruntun artinya alam sekali belajar kalian 4 kali membaca, bisa seperti itu namun bisa juga selang sehari. Artinya, hari ini membaca lalu besoknya baca lagi, dst.

Tips Belajar


1. Makanlah makanan yang sehat serta bergizi dan jangan lupa istirahat.

Istirahat yang cukup dan makan-makanan bergizi akan membantu otak dalam bekerja. Dengan kondisi yang sehat, tidur cukup, dan otakmu terpenuhi gizinya akan mempermudah kalian dalam menyerap materi dan mempermudah dalam berfikir.

Tapi ingat, bukan berarti disarankan beristirahat lalu kalian seenaknya istirahat yang jatuhnya malah menjadi malas-malasan. Istirahatlah secukupnya, artinya jika kalian merencanakan akan belajar selama 1 jam kasihlah waktu ditengah-tengah selama 5-10 menit untuk istirahat karena otak juga perlu istirahat dan fokus manusia itu ada batasnya. Gunakan istirahat sesaat itu untuk mengembalikan fokus kalian sebelum melanjutkan kembali pembelajaran.

2. Sabar dan Tekun.

Mungkin ini yang menjadi permasalahan para pelajar. Ingin cepat-cepat paham padahal memahami itu membutuhkan waktu seperti yang sudah saya singgung diatas.

Kalau kalian menemukan orang yang cepat paham, jangan iri! Karena kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu dalam memproses sesuatu itu berbeda-beda jadi jangan berkecil hati ketika kalian lebih lamban dari orang lain karena setiap orang memang berbeda dan banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan sesorang dalam memahami sesuatu.

3. Konsisten

Konsisten menurut KBBI adalah tetap (tidak berubah-ubah).

Mengapa perlu konsisten? Karena kalau kalian belajar setengah-setengah hal itu malah membuat kalian lama untuk menguasai materi. Misal, kalian ingin mempelajari HTML atau Bahasa Inggris, kalian sudah setengah perjalanan tetapi tiba-tiba kalian berhenti karena males dsb. lalu beberapa minggu kemudian ingin memlanjutkan maka kalian pasti harus mengulang beberapa materi sebelumnya sehingga membuang-buang waktu lagi.

Itulah mengapa kalian perlu konsistn karena kalau tidak kalian akan membuang-buang waktu sehingga yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat menjadi lebih lama.

4. Latihan

Untuk pelajaran eksak, belajar HTML, Bahasa Inggris, Bahasa Korea atau yang lainnya yang bisa/ada latihannya maka lakukan atau kerjakan latihan tersebut.

Kenapa?

Karena dengan latihan kalian akan lebih paham materi tersebut dan seperti yang telah saya jelaskan diatas, kalian akan lebih mudah paham. Juga, materi itu akan tersimpan dalam otak lebih lama daripada sekedar menghafal.

5. Mengulangi

Kalau eksak diperlukan latihan kalau untuk pelajaran sejenis Sejarah kalian perlu mengulanginya lagi. Karena menghafal sekali itu tidak cukup, kalian harus menghafal setidaknya 4 kali agar materi tersebut bisa bertahan di otak kalian lebih lama.

Sekian tips dan metode dari penulis, semoga bermanfaat! Selamat Belajar!

Jika senang dengan artikel ini jangan lupa Share ke teman-teman anda!

Jika kalian memiliki kritik atau saran silahkan kemukakan di kolom komentar dibawah terima kasih!

Related Posts

Posting Komentar