Paling Banyak Dilihat

4 Tips Agar Cepat Menguasai HTML

Posting Komentar
HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah sebuah bahasa pemrograman dasar untuk halaman web. HTML terdapat di semua web dan di setiap page/halaman yang kalian kunjungi tanpa terkecuali.

Mempelajari HTML adalah sesuatu hal yang disarankan bagi kalian yang ingin ikut menyelam di dunia bisnis online seperti blog, dll. Untuk apa? Agar kalian tahu cara mengedit artikel maupun website kalian sendiri. Kalian bisa meng-costumize sendiri template yang sudah kalian beli ataupun unduh gratisan. Kalian juga bisa mengerti cara menambahkan widget melalui HTML serta kalian bisa mengedit SEO kalian sendiri juga memperbaiki hal-hal kecil dalam template kalian jika terjadi masalah.

Cukup banyak bukan keuntungannya? Oleh karena itu, tidak ada ruginya kalau kalian mempelajari bahasa Pemrograman yang satu ini.

Untuk kalian yang tidak ingin menyelam di dunia bisnis online-pun tidak menjadi masalah jika kalian ingin mempelajari hal ini. Ilmu it tidak ada yang berguna, dengan mempelajari ini kalian bisa menambahkannya di kolom keahlian di CV kalian masing-masing. Lumayan bukan?

Untuk kalian yang ingin menjadi web designer maka HTML adalah hal dasar yang harus kalian kuasai, ditambah dengan mempelajari CSS dan JavaScript maka kalian sudah bisa membuat website yang responsive dan juga cantik. Namun, kalian harus belajar HTML terlebih dahulu sebagai permulaan.

Oke, setelah mengemukakan alasan-alasan dan keuntungan-keuntungan. Langsung saja ke tips dari penulis agar kalian bisa mempelajari HTML dengan mudah dan lebih cepat. Perlu diingat di artikel ini penulis hanya memberikan tips bukan akan mengajarkan kalian HTML.

Tips #1 Komitmen dan Sabar


Dalam melakukan sesuatu itu kalian harus memiliki 2 hal ini, yaitu Komitmen dan Sabar. Kalau kalian tidak komitmen maka ilmu apapun yang kalian pelajari tidak akan pernah selesai atau kalian akan berhenti ditengah jalan sehingga ilmu yang kalian punya hanya setengah-setengah.

Lalu, sabar? banyak orang yang berhenti ditengah-tenfah bahkan baru saja mulai. Itu karena mereka bosan dan tidak sabar ingin cepat menguasainya, padahal perlu kesabaran dalam menuntut ilmu karena pemahaman setiap orang berbeda, semakin cepat kalian paham semakin cepat menguasai. Juga, menuntut ilmu HTML ini tidak bisa dikuasai dalam sehari, perlu berhari-hari bahkan berminggu-minggu ataupun bulan. Semua itu tergantung niat dan komitmen kalian masing-masing.

Tips #2 Belajar Menggunakan Media yang Cocok dengan Diri Kalian Masing-Masing


Maksudnya? Jika kalian adalah tipe audio visual, maka yang kalian harus lakukan agar lebih cepat memahami dan menguasai HTML adalah pelajari ilmu ini dari Youtube atau pergi ke tempat les atau situs-situs yang memberikan pembelajaran HTML melalui video.

Jika, kalian lebih prefer membaca maka kalian bisa membeli buku, atau membaca web-web yang menyediakan pembeajaran HTML.

Jika kalian lebih senang belajar dan langsung praktik maka kalian bisa mengunjungi website atau mendownload aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan belajar HTML dengan langsung mempraktikannya.

Intinya adalah berusahalah mencari media atau metode pembelajaran yang membuat kita cepat paham atau membuat kita lebih mudah memahami.

Tips #3 Jika Buntu Silahkan Tanya Ke Ahli


Jika kalian sudah berusaha memahami sebuah materi namun kalian tetap tidak mengerti atau ada sesuatu hal yang mengganjal, cobalah kalian tanyakan ke orang yang sudah ahli bisa teman kalian, guru, atau siapapun yang kalian kenal.

Jika kalian tidak kenal seseorang yan gmampu kalian bsia mengunjungi forum-forum tempat berkumpulnya orang-orang yang ahli dalam masalah HTML seperti di Codecademy, Codeschool atau di forum-forum Indonesia seperti Kaskus ataupun Indowebster.

Ingat, Malu Bertanya Sesat Dijalan!

Tips #4 Latihan


Setelah belajar bersungguh-sungguh dan sudah paham, maka tahap selanjutnya adalah latihan. Mengapa perlu latihan? Karena dengan latihan kalian bisa memahami kode-kode dengan lebih baik, juga agar kalian lebih ingat karena menurut pengalaman penulis pribadi, ketika kita sudah belajar namun tidak mengulang selama beberapa waktu maka akan lupa. Jika lupa maka harus mempelajarinya kembali agar ingat dan itu membuang-buang waktu.

Oleh karena itu, saya menyarankan kalian untuk terus latihan atau terus mengulang agar tetap ingat. Lebih baik lagi jika kalian langsung mengaplikasikan apa yang sudah kalian pelajari saya yakin kalian akan lebih ingat dengan cara tersebut.

Sekian tips dari penulis, Selamat Belajar!

Related Posts

Posting Komentar