Paling Banyak Dilihat

Cara Memilih Laptop/PC Yang Cocok Untuk Anak Sekolah

Posting Komentar

Dewasa ini di setiap jenjang pendidikan membutuhkan sebuah alat yang bernama Laptop/PC (Komputer). Hal ini dikarenakan perubahan zaman dan digitalisasi. Para guru pun telah mulai memberikan tugas yang mengharuskan siswanya untuk mengerjakannya melalui berbagai aplikasi di sebuah laptop. Namun sayangnya, bagi orang tua mungkin akan cukup kesulitan untuk memilih laptop yang cocok untuk anaknya bersekolah karena tidak mengerti spesifikasi laptop seperti apa yang cocok dan cukup untuk anaknya dalam mengerjakan tugas mereka. Pada artikel ini penulis akan mencoba memberi petunjuk cara untuk memilih Laptop/PC yang cocok untuk anak sekolahan.

Hal yang perlu diperhatikan:
1. Prosesor

Prosesor atau yang dikenal juga dengan CPU (Core Processing Unit) adalah otak dari komputer yang menjalankan program komputer. Dewasa ini, CPU yang aman untuk dibeli biasanya CPU yang memiliki core 4 buah (Quad-core) namun sebenarnya harga laptop akan mengikuti bagusnya CPU yang dimiliki.

2. RAM

Random Access Memory (RAM) merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara dan hanya bekerja ketika laptop atau komputer sedang bekerja. RAM ini merupakan komponen yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan dalam memproses data dan berapa banyak aplikasi yang dapat dibuka dalam satu waktu sekaligus. Untuk dewasa ini, RAM minimal yang harus dimiliki adalah 8GB dikarenakan aplikasi saat ini cenderung membutuhkan ruang yang cukup besar mengingat fitur yang disediakan juga lebih banyak dari sebelumnya.

Jika melihat spesifikasi maka akan melihat jenis RAM tertera disana seperti DDR4 atau DDR3. DDR4 atau DDR3 merupakan jenis dan angka dibelakang menunjukkan generasi dari jenis RAM tersebut semakin besar semakin baru dan tentunya semakin cepat sehingga disarankan untuk membeli yang dengan DDR4, karena saat ini sudah sangat mainstream harganya pun tidak terpaut jauh dengan DDR3.

3. Penyimpanan (HDD/SSD)

Tempat penyimpanan tentu saja penting karena akan mempengaruhi seberapa banyaknya data yang bisa disimpan. Jika hanya untuk keperluan sekolah saja seharusnya kapasitas 500GB sudah sangat cukup untuk digunakan selama 3 tahun, kecuali laptop/komputer tersebut digunakan untuk hal lain juga.

Apabila memiliki budget lebih maka disarankan untuk memilih SSD dikarenakan akan sangat mempengaruhi waktu loading baik ketika menyalakan maupun membuka aplikasi. Tetapi apabila budget pas-pasan HDD/Harddisk  juga tidak menjadi masalah, asalkan RAM tetap mencukupi sesuai rekomendasi sebelumnya.

Itulah beberapa poin yang harus diperhatikan, untuk pemilihan laptop/komputer. Disarankan untuk mencari laptop karena lebih fleksibel bisa digunakan dimana saja, bisa dibawa ke sekolah dan akan memudahkan apabila ditugaskan presentasi. Kerja kelompok pun menjadi mudah karena bisa mengerjakan pada saat itu juga. Saat ini telah banyak laptop yang ringan dibawah 2Kg sehingga tidak memberatkan ketika dibawa dengan buku-buku lainnya. Seperti HP Aero 13 yang beratnya dibawah 1Kg walaupun harganya cukup mahal karena memang ditargetkan untuk pegawai kantoran. Sekian, semoga dapat membantu!

Disclaimer: Artikel ini bersifat pendapat pribadi, rekomendasi yang tertulis belum tentu sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga sekali lagi sebelum membeli mohon untuk mencari tahu kebutuhan anda!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar