Paling Banyak Dilihat

Cara Belajar Yang Baik Beserta Tips Belajar

Posting Komentar
Cara belajar yang baik

Belajar adalah sebuah kegiatan yang sangat penting di dunia ini. Mulai dari hal-hal yang sederhana seperti membaca dan menulis hingga hal-hal yang kompleks seperti matematika dan kawan-kawannya.

Mengingat pentingnya belajar ini pasti kebanyakan orang akan berusaha secara maksimal agar belajar mereka membuahkan hasil. Namun, pada kenyataannya belajar itu kadang dirasa terlalu sulit. Benar kan?

Lalu, apa yang harus kita semua lakukan agar belajar dapat membuahkan hasil, agar ketika belajar kita dapat paham dengan mudah, dll.?

Tentunya dengan cara belajar yang baik dan benar semua itu akan kalian bisa dapatkan dan dengan cara belajar yang baik maka belajar kalian akan efektif.

Selanjutnya, bagaimana cara belajar yang baik?

Sebenarnya, saya sudah sangat sering mengatakan hal ini di artikel-artikel saya sebelumnya. Yaitu, pilihlah cara/metode/teknik dalam belajar yang sesuai dengan diri kalian masing-masing. Tujuannya? agar kalian cepat memahami. Sama seperti berenang yang memiliki banyak gaya, belajar pun begitu, memiliki banyak gaya atau metode belajar sendiri dan orang-orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda.

Contohnya?

Kita pasti pernah memperhatikan teman-temanmu atau mungkin teman-teman kalian pernah mengatakan bahwa mereka belajar harus sambil merangkum atau mereka harus diajari baru mengerti atau mereka harus sambil berjalan. Nah itulah metode atau cara belajar mereka masing-masing. Tapi tak terbatas hanya disitu saja.

Ada yang harus buat mind mapping baru mereka cepat hafal atau paham. Ada yang harus latihan soal baru bisa paham. Ada yang harus sambil mendengarkan musik. Dan lainnya, itu semua adalah metode belajar yang paling nyaman buat mereka.

Nah sekarang karena sudah tahu metode belajar itu seperti apa, maka tugas kita tinggal, apa metode belajar yang cocok untuk kita? Jika kalian masih bingung mungkin artikel ini akan membantu kalian.

Selanjutnya adalah sabar, mengapa sabar? Karena belajar itu butuh proses dan proses itu butuh waktu. anyak orang yang menyerah ditengah-tengah karena mereka terlalu terburu-buru dan tidak sabaran padahal jika mereka bersabar dan terus berusaha mereka pasti akan berhasil. Jadi, jangan cepat menyerah ya?

Berikutnya adalah jangan memaksakan kehendak. Seperti misalkan kalian sudah sangat ngantuk, ya jangan dilanjutkan, istirahat terlebih dahulu. Jika setelah itu kalian merasa masih mengantuk maka tidurlah jangan dipaksakan karena belajar dalam keadaan mengantuk pun percuma tak akan membawa hasil.

Yang terakhir adalah bertanyalah jika sudah buntu. Kadang kita sudah berusaha mengerti suatu materi, namun tidak mengerti-mengerti. Pada saat itulah kita mebutuhkan seseorang untuk menjelaskan maka carilah orang yang menguasai materi tersebut bisa Orang Tua atau Guru kita atau teman kita yang sudah paham. Dengan begitu masalah tersebut bisa teratasi. Jadi, jangan malu untuk bertanya ya!

Nah itulah cara belajar yang baik dan benar, sekarang kita ke

Tips Belajar

Sebenarnya saya sudah pernah mengemukakan tips di artikel berikut. Namun, saya akan memberikan tips yang berbeda dari artikel tersebut jadi untuk mengetahui tips belajar lebih banyak. Baca juga artikel tersebut!

1. Buat kelompok belajar.

Mungkin kalian paling sering mendengar tips yang satu ini. Tapi, memang benar adanya. Mempunyai kelompok belajar itu menguntungkan. Kalian bisa berbagi ilmu ke sesama dan tidak ada rasa sungkan untuk bertanya. Selain itu, belajar kelompok membuat motivasi untuk belajar kita bertambah. Apalagi yang memiliki jiwa kompetisi pasti ingin berlomba-lomba menapatkan nlai yang bagus tapi ingat bersainglah secara sehat dan jangan menyontek!

2. Berbuat jujur ketika ulangan dan berusaha terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas.


Perbuatan jujur adalah poin penting. Mengapa? Karena dengan ulangan yang kalian kerjakan sendiri maka kalian akan dapat mengukur kemampuan kalian sendiri dand engan begitu ketika kalian akan memilih jurusan di kuliah nanti kalian bisa melihat nilai-nilai kalian sebelumnya untuk menentukan karena itu adalah cerminan kemampuan kalian. Selain itu, berusahalah mengerjakan tugas atau PR sendiri terlebih dahulu, kalau mentok baru bertanya bagaimana cara mengerjakannya BUKAN mengopy paste jawaban temannya. Perbuatan itu tidak membantu kalian dalam memahami tugas kalian.

Perbuatan jujur juga akan membuahkan pibadi yang baik kedepannya dan orang akan mudah percaya kepada kita. Jadi, berbuatlah jujur demi masa depan kalian!

3. Jangan begadang

Jangan belajar hingga terlalu malam atau begadang. Mengapa? Karena begadang mengakibatkan kurang istirahat, kalu kurang istirahat maka keesokan harinya, kalian akan merasa mengantuk di sekolah sehingga penjelasan guru tidak akan masuk ke otak. Padahal, di sekolah adalah waktu untuk memahami. 

Jadi, lebih baik kalian belajar dengan cara mencicil jangan memaksakan sekaligus yang membuat tidur kalian terpotong. Atau kalian tidur cepat lalu bangun pada dini hari dan belajar. Sebenarnya cara itu lebih baik karena beberapa orang telah mengatakan bahwa belajar pada pagi hari itu lebih efektif daripada di malam hari.

4. Jangan malas untuk belajar di rumah

Mungkin ini adalah perbuatan yang sering kita lakukan, yaitu tidak belajar di rumah. Padahal ini adalah sebuah kesalahan. Memang, sekolah tempat untuk belajar namun belajar itu berawal dari rumah. Di rumahlah kalian belajar membaca dan menulis serta berbicara, jadi jangan malas untuk belajar di rumah. Walaupun hanya sekedar membaca amteri esok hari atau mengulang pembelajaran yang sudah dipelajari pada hari itu.

5. Jangan lupa istirahat atau main

Hidup juga perlu dinikmati, tapi sesuai dengan porsinya. Kalau tubuh perlu istirahat setelah berolahrga maka otakpun butuh istirahat setelah belajar. Jadi, jangan memaksakan terus menerus belajar. Toh kalau kalian belajar terus meneruts juga akan jenuh. Mianlah atau jalan-jalanlah keluar.

Namun, jangan kebablasan. Itu malah membawa malas yang berujung malas belajar.

Sekian informasi cara belajar yang baik dan tips belajar dari penulis pribadi.

Jika bermanfaat jangan lupa untuk beritahu teman kalian! Agar bisa sukses bersama-sama.

Jangan lupa juga untuk like fanspage kami di Facebook, atau follow twitter penulis @Hasegawa_Kazuma atau subscribe menggunakan e-mail kalian! Untuk mendapatkan infrmasi dan tips-tips dalam belajar. Mau request? Boleh komen saja dibawah atau di fanspage kami.

Terima Kasih telah membaca, semoga bermanfaat, sekali lagi jangan lupa di share. Selamat Belajar

Related Posts

Posting Komentar