Paling Banyak Dilihat

Sering Lupa Materi? Atasi dengan 3 Hal Ini

Posting Komentar
Belajar di Sekolah


Pernahkah kalian ketika merasa di sekolah sudah paham akan suatu materi, namun seminggu kemudian atau saat akan ujian tiba-tiba lupa?

Hal itu terjadi karena kalian tidak melakukan hal-hal berikut ini.

1. Latihan Soal

Untuk pelajaran matematika atau eksak (hitung-hitungan), jika kalian tidak melakukan latihan soal di rumah setelah mempelajarinya maka sekalipun kalian paham ketika di sekolah. Ada kemungkinan kalian akan lupa dan juga ketika bentuk soalnya berbeda dari yang diajarkan oleh guru kalian pasti kalian akan kebingungan mengerjakannya.

Sekalipun pada saat diajarkan kalian yakin sekali bisa.

Untuk soal-soal latihan bisa kalian temukan di buku paket, buku khusus latihan soal tentang materi tersebut, atau bisa kalian cari di internet. Jadi, jangan cari-cari alasan dengan mengatakan tidak punya soal karena kalian bisa menemukannya dimana-mana.

Penulis sarankan untuk mengerjakan soal dari yang mudah ke sulit. Agar paham semua jenis soal dan bentuknya, sehingga ketika ujian tidak kaget dan bisa mengatasinya. Jangan malas untuk mengerjakan soal yang sulit karena terkadang pada saat ujian malah keluar yang sulit dan kalian walaupun sudah mengerti bisa tersesat kalau tidak pernah latihan soal mirip dengan itu (Pengalaman).

Jadi, jangan lupa untuk terus latihan soal ya!

2. Merangkum


Mengapa merangkum? Agar kalian lebih mudah untuk mengingat kembali, apalagi yang malas banget untuk membaca buku. Cara ini cocok sekali untuk kalian.

Contohnya untuk pelajaran seperti biologi, maka rangkumlah yang penting-penting seperti siklus peredaran darah, dll.

Tips dair penulis, buatlah rangkuman itu semenarik mungkin dengan warna-warna atau dengan tulisan yang rapi digambar-gambar pun boleh. Mind mapping juga boleh, yang penting rangkuman itu kamu buat agar kamu enak membacanya dan tidak membuat malas hanya dengan melihatnya saja.

Untuk pelajaran eksak seperti matematika dan fisika, kalian bisa merangkumnya dengan cara menuliskan rumus-rumusnya saja.


3. Baca rangkuman secara berkala


Setelah membuat rangkuman jangan di taruh dan dilupakan begitu saja. Buat apa buat rangkuman jika kalian tidak menggunakannya.

Jadi, bacalah rangkuman itu secara berkala entah seminggu sekali lalu yang pasti bacalah lagi ketika akan ujian.

Dengan begitu kalian tidak perlu untuk membaca buku dan memahaminya lagi dari awal karena kalian sudah ingat.

Dan dengan ketiga cara ini kalian tidak perlu lagi menggunakan metode SKS (Sistem Kebut Semalam) atau bahkan sistem kebut sejam untuk mempersiapkan ulangan.

Memang akan memakan waktu, tapi pilih nilai bagus atau nilai jelek? Pasti nilai bagus bukan? Jadi luangkanlah sedikit waktumu demi kamu dan masa depanmu.

Itulah 3 hal yang bisa kalian lakukan agar pembelajaran di sekolah bisa lebih efektif sehingga apa yang kalian pelajari di sekolah tidak cepat lupa.

Semoga berguna! Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian!
Semangat belajar!

Related Posts

Posting Komentar