Paling Banyak Dilihat

Belajar UN vs Belajar SBMPTN

Posting Komentar

Memasuki semester kedua pasti anak kelas 12 SMA sekarang mulai digandrungi banyak pikiran mulai dari ujian praktek, UN, mau kuliah apa dan jurusan apa, SNMPTN, SBMPTN, dan UM.

Diantara pikiran-pikiran itu pasti ada diantara kalian yang bingung mau belajar untuk UN dulu atau SBMPTN?

Sebagai mantan anak kelas 12, penulis menyarankan, lebih baik fokus belajar SBMPTN karena lebih penting daripada UN yang bahkan gak jadi penentu kelulusan walaupun memang ada rumor menjadi salah satu faktor penentu di SNMPTN namun sampai saat ini penulis belum mendapatkan kabar yang jelas mengenai hal ini.

Lalu bagaimana dengan UN? Ditelantarkan saja?

Ya gak juga ditelantarkan, bukan berarti memprioritaskan SBMPTN meninggalkan UN. Yang penulis maksud adalah porsi belajarnya. Jadi, tinggal bagaimana time management kalian aja. Apalagi kalau kalian tidak ikut les, kalian harus belajar ekstra.

Tetapi sebenarnya, materi-materi yang ada di UN dan SBMPTN banyak yang sama jadi kalian bisa belajar untuk keduanya sekaligus. Jadi, kalian bisa lebih menghemat waktu dan lebih efisien. Berbeda kalau kalian ingin lintas seperti IPA mau mengambil SOSHUM atau IPS ingin mengambil SAINTEK apalagi ingin mengambil IPC. Kalian harus mengatur waktu dengan baik dan yang pastinya harus ekstra di SBMPTN karena banyak materi yang belum kalian pelajari.

Kalau menurut kalian UN itu penting dan ingin mendapatkan hasil yang baik maka kalian bisa juga memprioritaskan bwlajar UN sampai UN selesai baru kebut SBMPTN kalau kalian merasa mampu. 
Tetapi, jika ingin melakukan metode ini lebih baik kalian melihat dulu jarak antara  UN dan SBMPTN seberapa jauh dan baru kalian menentukan jadwal belajar kalian agar tidak salah ambil keputusan.

Untuk tips belajar sebenarnya hampir sama seperti artikel berikut yang pernah ditulis penulis. Hanya ingin menambahkan belajar bersama atau belajar kelompok.

Dari pengalaman dan pengamatan penulis, banyak dari teman penulis yang mengatakan bahwa lebih asyik belajar secara kelompok karena bisa saling mengajari dan bisa sekaligus sambil santai tetapi memang harus menjaga agar gak kelewatan "santainya".

Nah, segitu dulu saran kali ini dari penulis jika ada pertanyaan boleh langsung ditanyakan di kolom komentar.

Terima kasih dan selamat belajar!

Related Posts

Posting Komentar