Paling Banyak Dilihat

3 Aplikasi Android dan iOS Terbaik Untuk Belajar Bahasa Korea!

Posting Komentar
Hangul

Dengan demam KPOP yang merajalela tentu semakin banyak orang yang tertarik dengan bahasa Korea. Apakah kamu juga? Mungkin kalau kamu kemari kemungkinan kamu telah mengetahui kalau biaya kursus itu cukup mahal.

Nah, pada artikel ini penulis akan memberikan informasi mengenai aplikasi smartphone yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari sendiri (otodidak) bahasa Korea.

1. Korlink by Talk To Me in Korea

Talk to Me in Korean Logo

Korlink adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh sekelompok orang Korea sendiri yang bisa berbahasa Inggris. Korlink ini dibuat oleh Talk To Me In Korea atau yang sering disingkat menjadi TTMIK. Awalnya TTMIK ini hadir untuk web namun sekarang telah hadir untuk smartphone yang sekarang bisa kalian unduh di masing-masing playstore dengan aplikasi berudul Korlink.

Kalian bisa belajar banyak hal di TTMIK mulai dari struktur kalimat (grammar) hingga kosa kata yang telah dikelompokkan berdasarkan topik-topik tertentu. Namun, penulis sarankan kalian mempelajari bagian grammar terlebih dahulu jika memang kalian serius ingin mempelajari bahasa Korea. Oleh karena itu, penulis sangat menyarankan aplikasi ini. Alasan lain mengapa penulis sangat menyarankan aplikasi ini:

1. Yang mengajar adalah orang asli Korea (Native) sehingga materi dapat dipercaya dan mereka paham betul penggunaan kata dan struktur kalimat yang tepat.

2. Tersedia media Audio dan PDF dalam tiap pembelajaran.

3. Materi bisa didownload.

4. Gratis.

Sebenarnya TTMIK menyediakan buku untuk belajar bahasa Korea namun pastinya berbayar kalian bisa mengecek sendiri buku yang disediakan oleh TTMIK.

Perlu diingat semua materi disampaikan memakai bahasa Inggris jadi alangkah lebih baik jika kalian membenahi/mempelajari bahasa inggris terlebih dahulu. Untuk itu, penulis memiliki beberapa tips.

2. Memrise


Jika kalian sudah membaca artikel penulis yang sebelumnya mungkin sudah tahu aplikasi apa ini. Memrise adalah aplikasi pembelajaran bukan hanya bahasa namun banyak hal seperti matematika, biologi, dsb.

Di Aplikasi Memrise ini juga terdapat pembelajaran bahasa Korea. Namun, aplikasi ini fokus ke pembelajaran kosa kata. Jadi, bagi kalian yang ingin mempelajari struktur kalimat atau percakapan aplikasi ini tidak cocok untuk kalian namun akan sangat membantu memperbanyak kosa kata kalian yang juga dibutuhkan dalam percakapan maupun membuat kalimat.

Aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android ini sebenarnya memiliki fitur native voice jadi ada orang yang menyebutkan kata tersebut untuk kita sehingga kita bisa latihan listening dan juga tahu cara pronounce kata tersebut, sayangnya fitur ini berbayar namun kita dapat mencobanya sesekali dengan gratis.

3. Naver Dictionary


Naver Dictionary adalah sebuah kamus bahasa Korea berbentuk aplikasi yang disediakan oleh perusahaan situs pencarian no. 1 di Korea, Naver. Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa penulis menyarankan aplikasi kamus bahasa Korea ini. Tentu saja, aplikasi ini penulis sarankan karena yang namanya kamus isinya pasti kosa kata.

Dengan kamus ini kalian bisa mempelajari dan menghafal banyak sekali kosa kata dan gratis! Walaupun memang tidak ada fitur yang bisa membuatmu mengingat dengan cepat namun kamus ini bisa sangat berguna ketika kalian ingin mengetahui sebuah kata dalam bahasa Korea, yang kalian tidak bisa cepat temukan, bahkan belum tentu ada di 2 aplikasi di atas. Jadi, aplikasi ini bisa sangat membantu kalian!

Nah, itu dia 3 Aplikasi yang dapat membantu kalian belajar bahasa Korea sendiri (otodidak), sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lain diluar sana, namun 3 aplikasi inilah yang pernah penulis coba dan akhirnya penulis sarankan karena menurut penulis ketiga aplikasi ini sangat berguna.

Semoga informasi ini bermanfaat! Ingat, kunci sukses belajar itu tekun!

Selamat Belajar!

Related Posts

Posting Komentar