Paling Banyak Dilihat

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Agar Menguasai dengan Cepat

Posting Komentar

Di era globalisasi ini, Bahasa Inggris, sebagai Bahasa Internasional, seolah-olah menjadi sebuah kebutuhan. Mengapa bisa dikatakan sebagai kebutuhan? Karena bahasa Inggris telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah baik dari tingkat SD sampai SMA bahkan Kuliah, juga menjadi mata pelajaran yang di UN-kan sehingga semua murid wajib bisa agar dapat lulus, dan juga bahasa Inggris telah menjadi syarat dalam beberapa pekerjaan sehingga para pelamar harus bisa berbahasa Inggris agar dapat mendapatkan mata pelajaran tersebut.

Namun, mempelajari bahasa Inggris tidaklah mudah bagi sebagian kalangan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips belajar bagi para pemula yang bingung harus mempelajari apa terlebih dahulu.

1. Pelajari Kata-Kata Dasar dan Kalimat Singkat dan Sederhana


Dalam memperlajari bahasa mengenali kata-kata dasar seperti saya, kamu, kalian, kami, makan, minum, dsb. adalah suatu hal yang mendasar dan cukup penting agar mempelajari tahap selanjutnya lebih mudah.

Kalian bisa mempelajari ini menggunakan Google Translate di web ataupun di aplikasi smartphone kalian. INGAT! Saya sarankan untuk menggunakan Google translate hanya untuk menggunakan per kata yang kalian ingin ketahui bukan kalimat karena untuk kalimat Google Translate masih belum akurat walaupun Google masih terus berusaha.

Pelajarilah kata-kata yang umum dan yang sering diucapkan sehari-hari hal itu dapat membantu kalian agar cepat hafal. Jangan mencari kata-kata yang rumit.

2. Mempelajari Struktur Kalimat (Grammar)


Setelah mempelajari kosa kata setelah itu waktunya mempelajari grammar atau struktur kalimat, sebenarnya kalian di tahap ini pn bisa sambil belajar kosa kata. Jadi, pada tahap ini kalian bisa mempelajar 2 hal sekaligus.

Tahapan ini cukup sulit karena harus dipahami betul-betul agar tahu kapan penggunaan grammar yang benar. Jika sampai salah disini maka bisa terjadi kesalahpahaman bahkan apa yang ingin kalian bicarakan tidak akan sampai kepada lawan bicara kalian.

Mungkin, kalian pernah mendengar bahwa grammar itu tidak terlalu penting, memang dalam beberapa hal grammar tidak perlu terlalu diperhatikan seperti dalam percakapan sehari-hari, namun ada beberapa grammar yang harus kalian pahami bahkan di situasi percakapan sehari-hari dan ke sesama teman yang kadang tidak terlalu mementingkan grammar yaitu tenses.

Mengapa tenses? Karena tenses akan memberitahu informasi mengenai waktu kejadian topik pembicaraan. Kalau kalian tidak memahami ini dengan baik bisa jadi kalian ingin mengatakan bahwa saya akan makan malah menjadi saya telah makan, dsb.

Menurut saya, sebenarnya pendapat mengenai grammar itu tidak penting itu salah karena dalam hal tulis-menulis, pelajaran di sekolah, dsb. itu pasti sesuai dengan grammar, tidak asal. Jadi apapun yang terjadi kalian tetap harus mempelajari ini sampai tuntas walaupun jika kalian melalang buana di forum di internet ada beberapa grammar yang jarang kalian temui.

Tips agar kalian cepat hafal dalam mempelajari grammar adalah mengulang dan latihan. Setelah mempelajari sebuah grammar maka kalian harus mengulang grammar tersebut secara berkala sampai kalian benar-benar paham dan ingat. Selain itu juga kalian perlu latihan agar kalian dapat lebih paham dan tidak mudah lupa. Untuk latihan kalian bisa mencoba membuat kalimat sendiri ataupun membeli buku latihan soal grammar. Kalian bisa membeli buku test TOEFL untuk mempelajari dan latihan grammar.

3. Pronounce dan Speaking


Setelah tahu banyak kosa kata dan bisa membuat kalimat tentu saja tahapan selanjutnya adalah mengucapkannya. Tips mempelajari pronounce dari penulis adalah ketiklah sebuah kata di Google Translate dan klik tombol suara nanti akan ada suara yang mengucapkan kata tersebut dan kalian bisa mengikutinya. Ingat! Jika kalian ingin belajar Inggris Amerika maka atur ke Inggris Amerika jangan ke Inggris UK atau Australia karena bisa berbeda pengucapannya.

Pronounce dan Speaking juga memerlukan latihan dan pengulangan agar ingat dan cepat hafal.

4. Listening


Listening adalah komponen yang cukup sulit. Akan lebih mudah jika kalian sudah mengetahui pengucapan banyak kosa kata. Jadi, saran saya kalian fokus ke pronounce/speaking terlebih dahulu sampai kalian yakin sudah cukup, baru mempelajari ini atau jika kalian merasa mampu kalian bisa mempelajari kedua komponen sekaligus (pronounce/speaking dan listening).

Untuk latihannya kalian bisa membeli buku TOEFL yang menyediakan CD untuk Listening atau bisa melalui menonton film atau yang lainnya.

Selain buku dan film sebenarnya kalian bisa mempelajari bahasa Inggris secara online baik dari website ataupun dari aplikasi di Smartphone kalian.

Faktor penting agar kalian bisa cepat memahami dan jago adalah keseriusan, kegigihan, dan komitmen kalian dalam belajar. Semakin rajin kalian maka semakin cepat kalian menguasai suatu ilmu bukan bahasa Inggris saja.

Itu saja dari penulis jika kalian mempunyai saran tambahan silahkan tulis di komen dibawah.

Selamat Belajar!

Related Posts

Posting Komentar