Paling Banyak Dilihat

QnA Mengenai SNMPTN

Posting Komentar
Mendekati SNMPTN 2020 pasti banyak pertanyaan yang muncul di kepala anda baik anda seorang siswa maupun orang tua murid. Pada kesempatan kali ini saya mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering dicari di Google mengenai SNMPTN. Semoga Bermanfaat.

Sebagai catatan semua jawaban ini didapatkan dari website resmi SNMPTN dan media pemberitaan Indonesia yang terpercaya yang akan saya cantumkan di bagian akhir artikel ini. Apabila pertanyaan anda tidak tercantum dibawah silahkan untuk menanyakannya di kolom komentar.

Berikut pertanyaan-pertanyaan seputar SNMPTN yang paling sering dicari di Google.

1. Jika sudah lolos pemeringkatan sekolah apa sudah bisa langsung daftar snmptn?

Berdasarkan situs resmi jawabannya adalah iya, anda dapat daftar SNMPTN setelah sekolah submit PDSS siswa dan anda masuk ke daftar siswa yang layak ikut SNMPTN yang diterbitkan oleh PDSS. Anda bisa langsung login menggunakan NISN dan password login yang diberikan oleh pihak sekolah di http://web.snmptn.ac.id/ lalu mengisikan biodata, PTN yang dipilih, Program Studi yang dipilih, upload pasfoto resmi, dan upload pdf bukti prestasi tambahan anda (contoh: Sertifikat OSN).

Bagi anda yang akan mendaftar di program studi seni dan olahraga wajib mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan anda yang telah ditanda-tangani kepala sekolah masing-masing sesuai pedoman yang disediakan oleh panitia SNMPTN yang dapat kalian akses di http://www.snmptn.ac.id

Jangan lupa pendaftaran akan dimulai pada 14 Februari 2020 - 27 Februari 2020.

Tips dari saya adalah siapkan semua dokumen baik fisik maupun digital dalam satu folder agar mudah dan cepat saat proses pendaftaran. Yakinkan diri anda terkait program studi dan universitas sebelum mendaftar. Jangan melakukan pendaftaran terlalu mepet di hari terakhir karena kemungkinan server sering error yang akan membuat anda kesulitan sendiri. Pastikan file digital anda tidak melebihi 5MB, jika file kalian masih diatas 5MB silahkan dicompress terlebih dahulu.

2. Prodi apa yang bisa diambil melalui jalur snmptn?

Anda bisa melihatnya di laman web SPMB Universitas yang anda tuju. Daftar universitas yang dapat dipilih saat ini belum ada untuk SNMPTN 2020 namun nantinya pada saat pendaftaran akan ada di website resmi SNMPTN.

3. Apa betul setelah lolos di snmptn Siswa dilarang untuk daftar di sekolah kedinasan?

Hal ini tidak benar, siswa dapat bebas melakukan pendaftaran manapun walaupun memang ada desas-desus kalau ada siswa yang melepas SNMPTN maka sekolahnya akan di blacklist universitas tersebut. Namun, kabar itu sampai saat ini hanya berada pada tahapan rumor yang saya dengar belum ada sumber resmi yang menyatakan hal itu benar. Jadi, tidak perlu khawatir dan teruslah pantau kebijakan yang diterbitkan oleh LTMPT dan Ristekdikti dan hindari hoaks yang beredar seperti kabar berikut ini.

4. Apakah jika sudah daftar melalui jalur PMDP di Poltekkes masih bisa daftar PTN melalui SNMPTN?

Jika anda masuk kedalam daftar siswa yang layak ikut serta dalam SNMPTN maka anda dapat mengikuti SNMPTN seperti siswa lainnya.

5. Rata-rata nilai rapot yang di terima jalur snmptn d [universitas tertentu]?

Pertanyaan ini banyak sekali ditanyakan dan diperbincangkan. Namun, sayangnya saya tidak dapat mendapatkan informasi mengenai hal ini sama sekali yang saya yakini adalah bahwa rata-rata pun jika anda mendapatkannya itu merupakan data rata-rata tahun lalu belum tentu tahun ini akan sama. Berhati-hatilah.

6. Bisakah mendaftar Poltekkes melalui SNMPTN?

Kemungkinan besar tidak. Namun untuk kepastiannya silahkan pantau terus website resmi SNMPTN untuk melihat daftar Universitas yang dapat anda pilih nantinya.

7. Biaya masuk kuliah SNMPTN?

Silahkan anda menanyakannya langsung ke pihak panitia SPMB Universitas masing-masing untuk informasi selengkapnya. Kontaknya dapat anda dapatkan di laman web SPMB Universitas masing-masing.

Kali ini sampai sini terlebih dahulu, nantinya artikel ini akan diupdate ketika saya mendapatkan pertanyaan baru. Jika pertanyaan anda tidak ada di list di atas mohon untuk menanyakannya di kolom komentar akan saya bantu jawab semampu saya.

Terima Kasih dan jangan lupa share apabila anda merasa artikel ini bermanfaat.

Sumber Informasi:
http://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267#umum
https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/21/192600965/hoaks-blacklist-bagi-siswa-yang-tidak-mengambil-snmptn?page=all

Related Posts

Posting Komentar