Paling Banyak Dilihat

Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Apa saja yang harus disiapkan?

Posting Komentar

Revolusi Industri 4

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak 2011, industri dunia mengalami revolusi industri ke-empat yang lebih dikenal dengan revolusi industri 4.0. Revolusi ini sangat mempengaruhi perekonomian termasuk masalah ketenagakerjaan. Lalu, apa yang harus kita siapkan agar kita tetap bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan di era revolusi ini?

Yang harus disiapkan

  1. Selalu update dengan informasi terkini tentang teknologi
Revolusi Industri 4.0 ini tentu saja berkaitan erat dengan perkembangan teknologi, apalagi semakin hari perkembangan teknologi semakin cepat. Coba saja lihat kamera smartphone, dari yang kualitasnya buruk sekarang bisa hampir sama dengan kamera DSLR. Dari yang hanya memiliki kamera belakang sekarang terdapat kamera depan. Dari yang lensanya hanya satu sekarang menjadi 3 bahkan akan menjadi 5 dalam waktu beberapa tahun kedepan.

Mengesankan bukan? Hal ini terjadi dalam kurun waktu kurang lebih 1 dekade saja!

Perlu digaris bawahi bahwa yan dimaksud informasi perkembangan teknologi bukan teknologi secara keseluruhan, hanya yang berkaitan dengan pekerjaan kalian atau pekerjaan yang kalian inginkan nantinya. Teknologi yang berhubungan dengan minat kalian pun sangat boleh sebagai tambahan ilmu untuk kalian. 

Mengapa?

Dengan mengetahui informasi mengenai perkembangan ini kalian selalu bisa up to date dengan perkembangan terkini di industrimu sehingga pengetahuan kalian sangat luas jadi kalian bisa stay competitive bahkan bisa lebih unggul daripada yang lain! Hal ini dikarenakan informasi mengenai lingkungan pekerjaan akan sangat membantu dan berperan dalam pengambilan keputusan perusahaan nantinya. Oleh karena itu, mencari informasi di industri pekerjaan kalian sangat penting.

Mungkin terkesan sepele namun kalau kalian merasakannya langsung pasti paham apa yang dimaksud.
  1. Up-to-date dengan isu terkini di industrimu
Tak hanya informasi mengenai perkembangan teknologi saja. Isu terkini industrimu pun harus kamu update karena isu isu inilah yang kalian akan hadapi dalam pekerjaan nanti kalau kalian telat mengetahui isu terkini maka akan sangat mempengaruhi kinerja kalian nantinya dan tentu saja perusahaan tempatmu bekerja. Oleh karena itu, update isu terkini sangat penting. 

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan hal ini juga penting untuk kamu lakukan karena kemungkinan besar hal ini akan ditanyakan ke kalian ketika di wawamcara kerja! Jadi, melakukan riset mengenai isu-isu ini dan memikirkan cara untuk menyelesaikannya apabila isu tersebut membawa masalah, hak ini tentu saja akan membantu kalian untuk menjawab pertanyaan pada saat wawancara kerja nantinya.

Dimana saya mencari informasi tersebut?

Banyak, di google tinggal melakukan search saja sudah muncul berita-berita terbaru. contoh: "Audit recent news" dengan kata kunci tersebut maka google akan menyajikan berita--berita terkini berkaitan dengan audit dan akuntansi. 

Tak hanya google kalian juga bisa mencari informasi melalui forum-forum atau komunitas terkait dengan industri pekerjaan kalian. 
  1. Selalu mengasah skill
Skill atau keterampilan sangat dilihat oleh perusahaan kalau kalian bisa banyak hal maka hal itu akan menjadi nilai plus bagi kalian. Tetapi bukan skill yang asal-asalan, skill yang harus kalian miliki tentu saja berhubungan dan bisa membantu pekerjaan kalian. Semakin banyak skill yang berhubungan dengan pekerjaan kalian akan semakin baik.

Skill disini termasuk hard skill atau pengetahuan kalian yang dipelajari di kuliah atau belajar sendiri.
  1. Mengasah soft skill dan attitude
Soft skill yang dimaksud disini bukanlah hanya mengenai leadership saja. Termasuk juga teamwork skill, sopan santun terhadap rekan kerja dan atasan, cara berkomunikasi yang baik dan benar kepada rekan dan atasan, sikap pantang menyerah, orientasi masa depan, dan semangat untuk mengembangkan diri.

Loh, kenapa?

Berbagai perusahaan dalam berbagai kesempatan, seperti seminar mengenai perkerjaan, mengatakan bahwa perusahaan saat ini tak hanya mencari hard skill saja tetapi juga soft skill dan attitude atau sikap. Jadi, yang dicari oleh perusahaan bukan hanya seseorang yang pandai memimpin saja tapi dia juga harus bisa berkomunikasi dengan baik ke sesama dan atasan, harus tahu sopan santun ke sesama terutama ke atasan, dan harus memiliki skill teamwork yang baik. Jika, kalian memiliki semua itu maka pasti kalian akan dilirik!

Lalu bagaimana cara mendapatkan semua hal tersebut?

Semua skill tersebut tentu saja tidak datang begitu saja namun melalui ajaran orang tua, pendidikan disekolah, dan lainnya. Jika kalian masih duduk di bangku perkuliahan dan sekolah maka salah satu caranya adalah dengan mengikuti UKM di kampus kalian. Ya UKM atau berorganisasi adalah salah satu caranya.

Dalam setiap organisasi pasti ada acara dan pasti terbentuk sebuah panitia disana. Nah jika kalian ikut dalam kepanitiaan itu otomatis kalian akan diasah kemampuan teamwork kalian sekaligus bisa belajar leadership, komunikasi, dan sopan santun ke rekan-rekan ataupun kakak tingkat atau dosen. Lengkap kan? Jadi manfaatkan waktu kalian dengan baik!

Eits, bukan berarti kalian harus fokus ke organisasi saja lho ya. Jangan salah paham. Tetap saja kuliah kalian menjadi nomor satu dalam list prioritas kalian, jangan mentang-mentang organisasi membawa banyak manfaat lalu kalian tinggalkan kuliah dan membuat IP dan IPK kalian anjlok.

Ingat! Pintu pertama dalam melamar pekerjaan adalah IPK kalian! Jadi jangan ditinggalkan dan jangan biarkan IPKmu jatuh ke lantai!

  1. Menguasai Bahasa Inggris
Nah, jangan menyepelekan bahasa yang satu ini. Bahasa Internasional ini bahkan bisa dibilang harus menjadi bahasa kedua kalian. 

Kenapa? Karena banyak sekali perusahaan yang mensyaratkan kalian harus bisa berbahasa inggris jika kalian ingin melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Hal ini sejalan dengan kondisi dunia yang telah dilanda globalisasi yang membuat dengan mudahnya berhubungan dengan negara lain. Oleh karena itu, bahasa inggris penting agar bisa berkomunikasi dengan klien atau perwakilan dari negara lain. Juga bahasa inggris penting agar kalian bisa mendapatkan informasi tidak hanya dair dalam negeri saja melainkan dari luar negeri juga.

Sebenarnya tidak hanya bahasa inggris, kalau kalian bisa berbahasa lebih dari 1 selain bahasa indonesia. Hal ini bisa menjadi nilai plus buat kamu lho. Jadi jangan takut belajar bahasa ya! Apalagi jika pekerjaanmu berhubungan erat dengan masalah bahasa, jangan bermalas-malasan!

Nah itu dia hal-hal yang perlu kalian siapkan di era revolusi industri 4.0 ini! Karena sudah tahu, ayo persiapkan diri kalian! Jangan lupa beri tahu teman, rekan, dan keluarga kalian ya dengan menshare artikel ini!

Sekian artikel kali ini dan jangan lupa untuk mengungkapkan opini kalian di kolom komentar! 



Related Posts

Posting Komentar