Paling Banyak Dilihat

4 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dan Efektif

Posting Komentar

Sebagai bahasa internasional dan pelajaran wajib di sekolah sekaligus masuk kedalam Ujian Nasional dan ujian-ujian penentuan lainnya, tentunya kalian ingin cepat menguasai Bahasa Inggris bukan? Sebenarnya, cepat atau lambatnya kalian menguasai bahasa ini tergantung kegigihan kalian dalam belajar. Kalau kalian loyo atau malas-malasan tentu saja akan memperlambat kalian dalam menguasai bahasa Inggris. 

Dalam artikel ini penulis akan memberikan kalian tips belajar bahasa Inggris agar kalian lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris. Mungkin tips ini akan sangat cocok bagi kalian yang bingung apa yang harus dipelajari pertama kali.

Perlu diingat tips ini menurut pengalaman penulis dan ada kemungkinan tidak cocok untuk kalian tapi silahkan dicoba jika memang kalian tertarik. Baiklah inilah tips belajar bahasa Inggris agar kalian lebih cepat menguasainya.

1. Grammar


Hal pertama yang harus kalian pelajari adalah Grammar. Grammar adalah struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Mengapa hal ini paling pertama dipelajari? Karena kalau kalian menulis atau berbicara tanpa mengetahui strukturnya maka orang lain akan sulit mengerti apa yang kalian bicarakan. Bukan berarti tidak paham sama sekali namun bisa terjadi kesalahpahaman.

Grammar yang paling dikenal adalah tenses. Tenses secara garis besar dibagi menjadi 4 yaitu Past, Present, Future, dan Continuous. Yang berarti masa lampau, saat ini, masa depan, dan sedang dan terus berlangsung. Dari ke empat hal itu muncul lah 16 tipe tenses yang kalian harus pelajari. Namun, bagi kalian yang masih berada di bangku sekolah kemungkinan kalian tidak akan bertemu semua tenses itu mungkin kalian akan hanya bertemu 12 tenses.

Jangan berpikir setelah menguasai tenses lalu grammar sudah selesai. Masih banyak struktur kalimat yang kalian harus pelajari seperti if clause dan kawan-kawannya. Lalu bagaimana cara agar mudah mempelajarinya? Ada beberapa cara:

Lalu bagaimana cara agar mudah mempelajarinya? Ada beberapa cara:

1. Mempelajari Buku Tes TOEFL

Apa itu TOEFL? TOEFL adalah kependekan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL ini dibuat oleh lembaga yang berkedudukan di Amerika Serikat bernama ETS (Educational Testing Service). Seperti namanya, TOEFL ini adalah tes kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris, mulai dari listening, grammar, vocabulary, dan reading.

Jadi, ketika kalian membeli buku untuk tes TOEFL atau kalian dapat mencari materi tentang tes TOEFL di internet maka di dalamnya penuh dengan pelajaran grammar, vocabulary, reading bahkan listening (jika kalian membeli bukunya biasanya kalian akan mendapatkannya secara gratis). Juga, di dalam buku tersebut terdapat latihan-latihan dari tiap-tiap materi sehingga ini adalah salah satu alat pembelajaran yang baik untuk kalian miliki.

Jadi, dengan memiliki buku Tes TOEFL maka kalian akan dapat mempelajari grammar, reading, vocabulary, dan reading kalian dengan mudah sekaligus kalian dapat mempersiapkan tes TOEFL kalian.

2. Les

Jika kalian kesulitan untuk mempelajari sendiri dan perlu bantuan orang lain, maka Les kepada ahli adalah yang terbaik untuk kalian. Saat ini sudah banyak tempat les bahasa Inggris yang bagus seperti LIA, English First, dan Eden. 

Ada proses yang tak kalah penting setelah kalian mempelajari buku TOEFL atau mengikuti les yaitu MENGULANG. Ya, kalian harus mengulangi/mempelajari kembali sendiri setelah kalian belajar dari tempat les ataupun belajar sendiri. Mengapa? Karena jika kalian hanya belajar sekali tanpa mengulangi maka kalian akan cepat lupa dan kalian harus mempelajarinya lagi. Tidak mau kan? Oleh karena itu, pastikan kalian mempelajarinya kembali minimal 4 kali (jangan di hari yang sama) agar kalian dapat mengingatnya dengan baik. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah LATIHAN. Kalian harus melakukan latihan membuat kalimat dari tiap-tiap grammar. Latihan ini sangat berguna karena membuat kalian cepat ingat dan ingatan itu lebih melekat di otak kalian sehingga sulit untuk melupakannya.

2. Vocabulary

Tahapan selanjutnya adalah memperkaya kosa kata bahasa Inggris kalian. Mengapa? Karena kalau kosa kata kalian sedikit maka kalian akan terhambat dalam menyampaikan apapun. Oleh karena itu, vocabulary sangatlah penting. 

Sebenarnya vocabulary ini kalian pelajari ketika mempelajari hal lain seperti ketika belajar grammar, listening, dan reading. Jadi, kalian bisa mempelajari ini sambil mempelajari hal lain.

Cara cepatnya adalah kalian membaca sebuah bacaan entah artikel, novel, atau apapun itu dalam bahasa Inggris. Ketika kalian menemukan kata yang tidak kalian ketahui cari artinya lalu tulislah lalu ingat selama beberapa hari. Alangkah lebih baiknya jika kalian membuat kalimat dengan kata tersebut, hal tersebut akan jauh mempermudah kalian memahami dan menghafalkan kata tersebut atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi seperti Vocabulary Builder.

Mengapa harus ditulis? Karena kalian harus menghafalkannya lagi. Menurut pengalaman saya, menghafalkannya sekali tak akan membuat kalian ingat arti kata tersebut. Jadi, kalian harus mengingat kembali kata tersebut selama beberapa waktu (tidak berkali kali dalam sehari).

Saya punya tips dalam menyimpan kosa kata yang sudah kalian hafalkan yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Translate untuk Android dan iOS karena terdapat fitur favorit yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan kata beserta artinya.

3. Reading

Untuk mempelajari Reading sebenarnya tidak jauh beda dengan Bahasa Indonesia. Jadi kalau kalian memperhatikan pelajaran Bahasa Indonesia dengan baik seperti pada bab paragraf, maka kalian akan menguasai Reading ini dengan baik. Untuk mempelajari ini dengan cepat sebenarnya tidak jauh beda dengan belajar Grammar. Yang pasti agar kalian cepat menguasai kalian harus sering baca dan latihan soal.

Mungkin lebih baik kalian membeli buku TOEFL atau buku tes-tes Bahasa Inggris lainnya agar mempermudah kalian latihan atau cari-cari di internet-pun sepertinya banyak dan cukup untuk latihan kalian.

4. Speaking dan Listening

Kalau sudah mengetahui banyak kata dan sudah bisa membuat kalimat dengan benar lalu tinggal mengucapkannya.

Hal yang paling mudah untuk mempelajari pronounce (pengucapan kata) dan listening adalah dengan menggunakan aplikasi google translate karena di google translate ada fitur voice. Jadi ketika kalian mengetik suatu kata google translate akan mengucapkannya. Sehingga yang perlu kalian lakukan hanyalah mendengarkannya dan mengucapkan apa yang kalian dengar. 

Setelah pronounce kalian sudah benar maka kalian sudah bisa melakukan speaking! Dengan pronounce yang benar kalian sudah bisa berinteraksi secara langsung ke orang-orang yang bisa berbahasa Inggris dan mungkin saja kalian sudah bisa berkomunikasi dengan para turis!

Namun, perlu diingat listening ini agak cukup sulit jika kalian tidak tahu pronounce dan tidak terbiasa mendengar pengucapan kata tersebut.

Ingat! Kalian bisa mempelajari ketiga hal tersebut secara bersamaan namun alangkah lebih baiknya jika kalian fokus ke salah satu materi sebelum mempelajari hal lainnya. Contoh hari ini saya akan belajar grammar selama 2 jam lalu setelah itu saya akan belajar speaking selama 1 jam. Jadi hal penting lainnya adalah manajemen waktu. Manajemen waktu yang buruk akan memperlama kalian menguasai segala hal bukan hanya masalah mempelajari Bahasa.

Itulah tips belajar bahasa Inggris dari penulis agar kalian lebih cepat memahami dan menguasai bahasa Inggris. Ingat! Cepat lambatnya menguasai suatu bahasa itu tergantung effort kalian masing-masing. Dan jangan lupa untuk mengulang dan terus latihan!

Selamat Belajar! 

Jika menurut kalian artikel ini berguna jangan lupa share ke teman-teman kalian ya!

Jika kalian mempunyai kritik atau saran silakan sampaikan di kolom komentar di bawah. Terima kasih!
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar