Paling Banyak Dilihat

5 Kegiatan yang Dapat Membantu Kalian dalam Belajar Bahasa Inggris

Posting Komentar
Cr: mind42.com

Setelah membahas tahapan dan tips belajar bahasa Inggris. Kali ini penulis akan memberi tahu beberapa kegiatan yang dapat membantu kalian dalam mempelajari bahasa Inggris. Apa saja itu?

1. Membaca Artikel 

Membaca artikel dalam bahasa inggris adalah salah satu hal yang paling mudah untuk kalian lakukan. Mengapa? Karena sangat mudah untuk mencari dan mendapatkannya, kalian tinggal mencari di google atau mengunjungi situs bahasa Inggris yang kalian ketahui. 

Tips dari saya adalah bacalah artikel yang berkaitan dengan hal yang kalian suka, misal kalian suka bermain game. Maka, carilah situs-situs berita tentang game seperti IGN, Ubergizmo, atau Gematsu. Alangkah baiknya jika artikel yang kalian baca tersebut ditulis oleh seorang profesional. Mengapa? Karena jika ditulis oleh seorang profesional maka kalian akan menemukan banyak kata baru dan istilah-istilah yan berkaitan dengan hal yang kamu suka. Walaupun bukan berarti yang ditulis oleh yang tidak profesional tidak memiliki kata ataupun istilah seperti para profesional.

Mengapa juga berkaitan dengan yang kita suka? Karena jika membaca sesuatu yang kita suka maka kita akan lebih bersemangat dan tertarik membacanya tidak bosan dan tidak gampang jenuh.


2. Membaca Novel

Bagi yang senang membaca, mungkin ini cocok untuk kalian karena kalian belajar sekaligus melakukan kegiatan yang kalian sukai. Dari pengalaman saya, novel adalah sumber terbanyak yang menyumbangkan kosa kata baru untuk saya. Memang perlu dana cukup banyak untuk mendapatkan sebuah novel impor di toko buku karena rata rata harga novel impor diatas 120rb. Namun, sebanding dengan apa yang kita terima nantinya.

Jika kalian tidak punya cukup uang atau malas membeli, kalian bisa mencari di internet banyak yang memberikan e-book gratis. Jadi, manfaatkanlah kesempatan itu jika kalian menemukannya. 

Sebenarnya untuk para pengguna android, kalian bisa mencari buku berharga Rp0 di Play Store namun kalian tetap harus memiliki metode pembayaran untuk mendapatkan buku berharga Rp0 tersebut.

3. Menonton Film

Dengan menonton film menggunakan subtitle Inggris, kalian bisa belajar 3 hal sekaligus yaitu kosa kata, pronounce(pengucapan), dan listening. Dengan melakukan kegiatan ini kalian bisa belajar sekaligus bersantai ria. 

Melalui kegiatan ini juga kalian bisa mempelajari bahasa Inggris yang lebih natural. Mengapa? Karena pada kenyataannya orang Inggris tidak memakai bahasa Inggris seperti yang ada di buku. Namun, bukan berarti apa yang ada dibuku tidak benar. Jadi, bisa dikatakan untuk masalah speaking kalian bisa belajar banyak dari dunia perfilm-an sedangkan untuk masalah tulis-menulis dan hal yang berkaitan dengan situasi formal maka kalian harus mengikuti apa yang ada dibuku. Dengan belajar bahasa Inggris mealui film juga akan menambah ilmu kalian mengenai kosa kata yang memiliki banyak arti seperti kata "mine" yang bisa berarti kepemilikan dan juga bisa berarti tambang. 

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mempelajari kosa kata slang, peribahasa, dan ungkapan-ungkapan yang ada terdapat di bahasa Inggris. 

4.  Berkomunikasi dengan Native Melalui Sosial Media


Bagi kalian yang memiliki sosial media seperti facebook, twitter, atau Instagram. Maka manfaatkanlah media tersebut dengan baik. Bagaimana caranya? Kalian bisa mengomentari sesuatu pada instagram milik orang luar negeri atau akun yang memakai bahasa Inggris, biasanya jika pemilik akun tersebut akif maka mereka akan membalas komentar kalian dan terjadilah komunikasi disana. Jika terjadi komunikasi maka petiklah pelajaran dari komuikasi tersebut. Pelajaran apa? Yaitu apakah kalimat yang kalian buat itu bisa dimengerti orang lain, lalu dalam kenyataan seberapa jauh grammar itu digunakan dalam percakapan, dsb.

Hal tersebut juga bisa kalian lakukan pada situs berbagi video YouTube. Saran saya lebih baik kalian mencari video yang baru saja diupload dan channe tersebut memiliki subscribernya sehingga kemungkinan terjadi komunikasi lebih tinggi. Kalian juga bisa mengamati komentar-komentar yang ada. Mungkin saja kalian menemukan kosa kata baru. 

5. Mengikuti Ekskul Bahasa Inggris

Di sekolah atau di kampus kalian ada ekskul bahasa Inggris? Jika kalian tidak sibuk mengapa tidak ikut? Dengan mengikuti ekskul atau organisasi berbasis Bahasa Inggris seperti ini, maka akan mempermudah kalian belajar dan dapat memberanikan kalian untuk mencoba berbicara dengan bahasa Inggris karena lingkungannya lebih mendukung. Juga dengan mengikuti organisasi/ekskul bisa jadi kalian bisa memenangkan sebuah perlombaan. 

Bagi mahasiswa, jika di kampus kalian ada organisasi AIESEC silahkan coba ikut organisasi tersebut karena organisasi tersebut adalah organisasi Internasional yang terdapat di banyak negara. Jika kalian mempunyai dana lebih kalian bisa ikut program kegiatan sosial mereka di negara lain dan bertemu dengan orang-orang dari banyak negara! Kesempatan itu bisa kalian gunakan untuk melatih bahasa Inggris kalian!

Itulah ke-5 kegiatan yang dapat membantu kalian dalam mempelajari bahasa Inggris. Ingat, perlu keseriusan dan Komitmen yang mantap agar kalian bisa berkembang dengan cepat. sekian dari penulis untuk tips kali ini.

Terima Kasih!

Jika kalian memiliki tips-tips lainnya kalian bisa berbagi di kolom komentar dibawah atau membuat artikel dan kirimkan ke kami! Caranya? Kirimkan artikel kalian ke email yang terdapat pada halaman ini.

Ingat! Artikel harus orisinal buatan kalian sendiri! Tidak menjiplak karya orang lain!

#Update (29/08/2017): Menambahkan informasi penting yang berguna.

Related Posts

Posting Komentar