Paling Banyak Dilihat

8 Cara Agar Belajar di Rumah Bisa Efektif

Posting Komentar
Cara Belajar
cr: publicbroadcasting.net

Selain belajar di sekolah tentu saja rumah adalah tempat belajar utama untuk semua kalangan, tidak hanya siswa saja. Orang tua, guru, dan para pekerja-pun perlu belajar dan biasanya melakukannya di rumah.

Namun, banyak orang yang kesulitan untuk belajar secara efektif di rumah. Apakah kalian salah satu yang kesulitan?

Apakah kesulitan belajar itu disebabkan oleh aktivitas orang rumah seperti suara TV yang terlalu keras? Ada yang memasak sehingga baunya yang menggoda iman membuat tidak fokus? Atau karena teman-teman Anda yang chat tanpa henti di grup hingga bikin kepo? Atau sedang punya game baru dan tidak sabar untuk memainkannya lagi? Atau hal-hal lain yang mengganggu?

Mengingat pentingnya belajar dengan efektif di rumah, maka permasalahan di atas harus segerah diatasi. Bagaimana caranya?

Jika hal-hal seperti di atas yang kamu hadapi, maka hal itu bisa diatasi! Bagaimana caranya?
Dengan salah satu cara berikut yang dapat membuat belajar di rumah menjadi efektif!

1. Buatlah jadwal jam belajarmu di rumah.

Big Ben - Jam belajar
cr: londonandpartners.com

Membuat jadwal itu penting, mengapa? Karena dengan adanya jadwal maka kegiatanmu lebih terarah. Maka aturlah jadwalmu dengan baik.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun jadwal belajar di rumah adalah:

A. Jadwal belajarmu di sekolah dan di tempat les.

B. Jadwal tidurmu
Jangan belajar melewati jam tidurmu karena kalau sudah ngantuk belajar kalian akan percuma (tidak efektif). Jadi lebih baik tidur daripada menahannya.

C. Kegiatan orang rumah.


Jam berapa ibu memasak? Jam berapa adik tidur? Jam berapa ayah menonton TV? Sesuaikanlah atau mintalah mereka untuk menyesuaikan agar belajar kalian bisa efektif.

Jika ada suatu kegiatan di rumah yang dapat mengganggumu dalam belajar maka sesuaikanlah agar belajarmu tidak terganggu. Kegiatan di sini adalah kegiatan yang tak dapat dihindari, seperti hajatan, jam ibu memasak, dll. Jadi sifatnya kondisional.


2. Beritahukan jadwal jam belajarmu ke orang rumah.

Berbicara ke Orang Rumah - Orang Tua
cr: nmbreakthroughs.org

Nah, inilah salah satu hal yang penting.

Beritahukan jadwalmu ke seluruh orang rumah, baik orang tua, adik, kakak, nenek, kakek, pembantu, dan yang lainnya. Mengapa?

Agar mereka tahu bahwa pada jam tersebut, misal jam 7 malam hingga jam 9 malam, kalian sedang belajar sehingga mereka akan menyesuaikan kegiatan mereka agar tidak mengganggu kalian. Beritahukan juga kegiatan apa saja yang dapat mengganggu kalian belajar seperti suara TV yang terlalu keras.

Jangan takut untuk mengatakannya kepada orang rumah! Beritahukan mereka dengan baik-baik. Pasti mereka akan mengerti. Toh, belajar untuk kebaikan kita, pasti mereka akan menghargai kalian. Yang penting bicara dengan baik, jangan berlagak menyuruh atau bicara dengan tidak sopan.

Nah, itulah cara mengatasi perihal hambatan yang telah disebutkan di awal. Setelah ini penulis akan memberikan informasi mengenai cara agar belajar dapat lebih efektif selain 2 poin di atas.


3. Pastikan tempat belajarmu rapi dan bersih.


Pentingkah? Tentu saja.

Kalau tempat belajar kalian kotor dan berantakan. Bukannya belajar kalian malah sibuk memberesi tempat belajar kalian bukan belajar, lalu setelah itu bukannya langsung belajar tapi malah tidak jadi belajar dengan alasan “capek” sehabis bersih-bersih. Efektif? Tidak.. Jadi, pastikan selalu bersih.

Juga, kalaupun kalian memaksakan tetap belajar di situasi dan kondisi seperti itu, maka kemungkinan kalian malah akan terganggu atau risi. Apalagi kalau kalian makan di situ dan meninggalkan bekas di situ dan tidak dibersihkan. (Anak Kos biasanya)

Baunya pasti tidak sedap dan akan mengganggu konsentrasi ketika belajar.


4. Jauhkan gadgetmu kecuali untuk mendukung belajarmu.

Smartphone

Jika kamu tidak menggunakan gadgetmu untuk proses belajar maka jauhkanlah agar tidak tergoda untuk membukanya yang membuat konsentrasi buyar dan belajar tidak efektif.

Lain hal jika ada situasi penting yang sedang kamu tunggu, seperti di rumah tidak ada orang, ada tugas kelompok, menunggu kabar dan sejenisnya. Kalian pasti tahu mana yang penting mana yang tidak. Kalaupun kamu menggunakan gadget seperti HP atau Laptop untuk mendukung proses belajarmu usahakan matikanlah notifikasi Sosial Media ataupun Aplikasi Pesan agar proses belajarmu tetap fokus dan bisa efektif.


5. Buat suasana belajarmu nyaman.


Misalkan mendengarkan musik ketika belajar membantu kalian dalam memahami maka putarlah musik. Jika kalian senang belajar sambil nyemil, sediakanlah makanan ringan dan minuman yang kalian sukai.

Intinya dari poin 3 dan 4 serta poin ini. Buatlah suasana yang mendukung belajarmu. Bersih, rapi, jauh dari gangguan. Agar apa yang kamu pelajari bisa masuk ke otak dan belajarmu saat itu tidak sia-sia.


6. Gunakanlah metode/teknik belajar yang paling tepat/sesuai untukmu.


Poin ini juga sangat penting.

Percuma jika suasana dan kondisi sudah mendukung tetapi kalian belajar salah metode atau salah teknik. Mungkin akan paham, tapi untuk paham itu akan sulit atau membutuhkan waktu yang lama dari yang seharusnya jika kalian menggunakan metode atau teknik yang tepat.

Misalkan, kalian adalah seorang audio-visual tetapi kalian belajarnya hanya mencoba menghafal lewat buku, maka menghafal akan sangat sulit. Berdasarkan perkataan orang-orang audio-visual yang pernah saya temui, mereka dalam menghafal akan membuat rangkuman dengan warna-warna atau membuat mind-mapping yang indah. Mereka menyatakan bahwa dengan membuat rangkuman dengan warna (pulpen warna atau stabilo) atau mind-mapping, membuat mereka lebih cepat dalam menghafal.

Jadi, kenalilah dirimu, ketahuilah metode/teknik belajar yang paling tepat untukmu, dan apa yang baik untukmu sebelum belajar. Agar belajar kalian efektif dan bisa maksimal baik di rumah maupun di sekolah.

Sebenarnya hal ini telah saya bahas di artikel sebelumnya.


7. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan Sehat
cr: funcheap.com

Sayur, buah-buahan, susu, dan ikan adalah beberapa makanan yang baik untuk otak sekaligus banyak yang menghindari terutama kaum anak-anak. Padahal otak itu perlu makanan juga. Jika yang kamu pikirkan hanya enak dimulut, kenyang di perut, tapi tidak mementingkan gizi untuk tubuhmu terutama otakmu. Maka, sia-sia makanmu. Belajarmu juga akan kesulitan.

Kok bisa kesulitan? Karena dengan kurangnya gizi maka konsentrasi akan berkurang pula. Sudah banyak jurnal yang mengaitkan makanan dengan kemampuan otak dalam mengingat dan konsentrasi.

Beberapa nutrisi/gizi yang dapat membantu otak kalian sebagai berikut.
  • Omega-3, banyak ditemukan di ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan lele, dan ikan air tawar, sayuran seperti kangkung, bayam, kembang kol, kacang-kacangan dan susu sapi.
  • Vitamin E, dapat ditemukan di biji almon, selai kacang, bayam, dan lainnya.
  • Vitamin B12, dapat ditemukan di daging sapi, ayam, susu, dan telur.
  • Dan vitamin lainnya.
Jadi, makanlah makanan yang sehat agar otakmu tercukupi kebutuhannya sehingga ketika belajar dapat konsentrasi dan mudah mengingat. Tidak suka makanan di atas? Coba dahulu, kalau belum dicoba mana bisa tahu. Kecuali memiliki alergi maka coba atau paksalah diri kalian memakan makanan yang sehat. Itu semua untuk kebaikan kalian bukan orang lain.


8. Istirahat yang cukup.

Waktu Tidur
cr: cdc.gov

Ini yang sering orang-orang remehkan. Tidur yang cukup adalah hal yang penting karena otak pun butuh istirahat. Istirahatnya? Tidur adalah salah satunya. Jadi kalau kekurangan? Konsentrasi buyar, ingatan tidak jernih artinya sulit untuk mengingat.

Efeknya ketika belajar? Tidak efektif dan tidak ada yang masuk. Oleh karena itu jangan begadang dan seperti yang saya katakan di poin pertama, tidur sesuai dengan jadwal tidurmu.

Begadang untuk belajar karena besok akan ujian?

Salah besar, seharusnya belajar itu jauh-jauh hari sehingga ketika akan ujian, kalian tinggal latihan soal atau mengingat-ingat kembali. Latihan soal dan mengingat kembali tidak memakan waktu yang banyak sehingga kalian bisa tidur lebih awal agar bisa konsentrasi waktu ujian.

Itulah ke 8 cara yang dapat membuat belajarmu di rumah dapat efektif. Jika bermanfaat jangan lupa share ke teman-temanmu agar mereka pun tahu cara-cara ini!

Ingat! Dalam belajar perlu konsistensi dan kesabaran!

Semoga bermanfaat! Selamat Belajar!

Related Posts

Posting Komentar